Minggu, 16 Oktober 2011

Dua Mitra Binaan SUCOFINDO Raih Penghargaan PKBL Award 2009

Salah satu wahana efektif untuk melakukan kegiatan promosi dan sosialisasi mengenai pola kemitraan dan peduli lingkungan adalah melalui pameran atau eksebisi dimana dalam pameran tersebut dapat dipertunjukkan secara jelas bagaimana BUMN melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha sektor usaha kecil menengah (UKM) dari berbagai produk dan berbagai kegiatan usahanya, serta seberapa besar keberhasilan yang telah diperoleh hingga saat ini.
Pameran GELAR KARYA PKBL BUMN 2009 yang diikuti oleh sekitar 300 pengusaha kecil menengah binaan BUMN tidak hanya menyelenggarakan kegiatan pameran saja, tetapi juga penganugerahan PKBL Award yang merupakan ajang penghargaan terhadap Mitra Binaan (UKM) dan Pembina (BUMN) terbaik 2009.
Ada 5 kategori produk yang menjadi faktor penilaian pada acara PKBL Award ini, yaitu: 

Garment, jewelery dan accessories
Handicraft & Furniture
Food & Beverage
Pertanian, Perkebunan & Perikanan
Perdagangan Barang & Jasa

Sedangkan kriteria penilaiannya adalah UKM yang diusulkan minimum telah dibina selama 3 tahun, bukan merupakan mitra binaan duplikasi dan menjadi peserta pameran Gelar Karya PKBL 2009.
Sucofindo sebagai BUMN peserta, mengirimkan 7 mitra binaan untuk diikutkan dalam ajang penghargaan PKBL Award 2009. http://peluangusaha.kontan.co.id/v2/read/peluang/42618/Renyahnya-Laba-dari-Usaha-Keripik-Pisang-Khas-Lampung-
1.UKM “Panda Tirai” usaha perdagangan kripik pisang untuk kategori Food & Baverage.
2.UKM pengasinan ikan untuk kategori Pertanian, Perkebunan & Perikanan
3.UKM budidaya kentang, untuk kategori Pertanian, Perkebunan & Perikanan
4.UKM “ Kusuma Art & Collection” pengrajin batik untuk kategori Handicraft
5.UKM “Putu Art” kerajinan bahan-bahan daur ulang untuk kategori Handicraft
6.UKM “Roy Collection” pengrajin sulam usus untuk kategori Garment, Jewelery & Accessories
7.UKM “Setya Jaya Motor” usaha perbengkelan, untuk kategori Perdagangan Barang & Jasa.

Proses penilaian dilakukan dengan kunjungan langsung ke stand pameran serta wawancara mengenai perkembangan bisnis yang digeluti oleh para UKM dengan didampingi oleh para pembinanya (BUMN).
Dua mitra binaan Sucofindo berhasil mendapatkan penghargaan PKBL Award 2009 untuk kategori Pertanian, Perkebunan & Perikanan serta kategori Perdagangan Barang & Jasa.
Kita berharap semoga di tahun-tahun mendatang pengusaha kecil dan menengah di Indonesia khususnya mitra binaan Sucofindo mendapatkan lebih dari sekedar penghargaan, sebagai wujud dari kesuksesan usahanya, amin.

(LENSA Edisi 02/09 - Februari 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar